Tahukah Anda apa itu “Landing Page”? Jika Anda berkecimpung di dunia internet marketing, Anda seharusnya sudah mengetahuinya. Faktanya, ada sebuah singkatan yang dapat menggambarkan betapa pentingnya sebuah landing page : NSAMCWADLP. Never. Start. A. Marketing. Campaign. Without. A. Dedicated.
Landing. Page.
Jangan pernah memulai kampanye marketing tanpa sebuah dedicated landing page (ekslusif, dibuat khusus).
Secara umum, landing page adalah sebuah halaman website dimana pengunjung dapat masuk dan mengaksesnya, termasuk laman yang kini sedang Anda baca. Namun, khusus di dunia marketing online, istilah landing page merujuk pada sebuah laman mandiri yang terpisah dari laman lainnya, didesain fokus untuk satu tujuan saja sesuai dengan produk atau informasi yang ditawarkan.
Landing page yang bagus seharusnya tidak memiliki banyak opsi / links (inbound & outlink) / menu navigasi. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pergerakan pengunjung sehingga fokus pada konten yang Anda sajikan. Dengan demikian, konversi pun menjadi lebih besar. Berikut 2 jenis landing page berdasarkan fungsi dan kegunaannya :
1. Lead Generation Landing Pages
Gunanya untuk mendapatkan leads sebagai aset marketing masa depan. Leads biasanya berupa data pengunjung (nama dan email). Prinsip kerjanya : orang-orang yang datang dan dengan sukarela memasukkan email dan namanya adalah orang-orang yang tertarik pada topik dan informasi yang diberikan di landing page. Orang-orang tersebut kelak menjadi aset berharga Anda, baik sebagai partner bisnis, teman maupun pembeli produk Anda.
Cara paling mudah untuk memaksimalkan sebuah “Lead Generation Landing Page” adalah dengan memberikan hadiah atau penawaran khusus. Trik ini sangat ampuh dan digunakan oleh banyak sekali internet marketer di seluruh dunia. Berikut hal-hal yang dapat Anda bagikan :
- Buku / ebook
- Registrasi webinar
- Kupon diskon
- Voucher
- Free trial
- dsb
2. Click Through Landing Pages
Seperti namanya, landing page ini berfungsi untuk mempengaruhi pengunjung untuk melakukan klik ke laman lainnya yang dituju. Landing page ini biasanya digunakan sebagai “funnels” untuk menjelaskan produk atau informasi yang terbatas sehingga memancing klik. Biasanya page destinasi yang muncul setelah klik adalah shopping cart atau laman registrasi untuk membeli sebuah produk/jasa yang ditawarkan.
Mengelola landing page harus dipelajari secara khusus. Jika Anda serius di dunia IM, maka mempelajari landing page adalah hal yang tak lagi bisa ditawar. Untungnya, ada banyak sekali tools & tutorial yang tersedia di internet berkaitan dengan landing page.
salam sukses, semoga bermanfaat :)
source: affiliate network, apa itu cpa, cpa, cost per action, minimum daily payout, bisnis affiliasi, internet marketing, internet marketing terpercaya, marketer, apa itu affiliate network, affiliate marketer, digital produk, affiliate indonesia, program affiliasi, market place, make money online, penghasilan online, bisnis online, RepublikCPA, program affiliasi terbaik di indonesia
0 comments:
Post a Comment